Jelang Pilkada Bone 2024, Andi Asman Sulaiman Raih Elektabilitas Tertinggi

 
KODEINDONESIA,BONE--- Hasil survei Script Survei Indonesia (SSI) untuk elektabilitas calon bupati Kabupaten Bone per Juli 2024, beredar di sejumlah kalangan di Bone.

Hasilnya, elektabilitas tertinggi diduduki Andi Asman Sulaiman sebesar 26,36%. Posisi kedua Yasir Mahmud 18,18%, diikuti Andi Akmal Pasluddin diposisi ketiga dengan raihan 17,27%.


Selanjutnya, diposisi keempat Andi Islamuddin dengan 13,64%, Andi Rio Idris Padjalangi diposisi kelima sebesar 9,09%. 

Posisi keenam dan seterusnya ditempati berturut-turut Ambo Dalle, Andi Irwandi Natsir, Andi Syamsiar Halid, AM Irsan Idris Galigo yang kesemuanya berada di bawah 4%.



Direktur SSI, Yuhardin yang dikonfirmasi  soal hasil survei lembaga yang dipimpinnya, menegaskan bahwa tidak mengetahui kalau itu beredar luas ke masyarakat.


"Survei itu benar, kami yang lakukan. Tapi, kami tidak pernah merilis mana-mana, apalagi sampai membuka ke publik. Saya tidak tahu siapa yang melempar keluar. Kami berikan hanya kepada pihak tertentu saja," katanya.


Sementara itu, H Andi Asman Sulaiman yang diminta tanggapannya soal adanya hasil survei yang menempatkan dirinya di posisi puncak mengaku bersyukur.

"Alhamdulillah, patut kita syukuri. Tapi apa betul itu, jangan sampai ada yang pesan. Yang pasti, kami bukan yang pesan. Sampai detik ini, kami belum melakukan kerjasama dengan lembaga survei," jelas sang Sahabat Petani itu.

Namun demikian, dengan adanya hasil survei seperti itu, membuat dirinya semakin termotivasi untuk maju di Pilkada Bone. 

Tentu, ini sebuah kepercayaan besar dari masyarakat Bumi Arung Palakka.

"Ini merupakan bukti, masyarakat menerima dan menginginkan kami untuk maju di Bone. Terima kasih," tegas Andi Asman yang segera akan melepas statusnya sebagai pegawai negeri sipil dengan jabatan terakhir Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Bone.


Sebelumnya, hasil survei Smart Power Institut juga didapatkan bocorannya. Di mana, hasilnya tidak jauh berbeda. Andi Asman Sulaiman mendapatkan tingkat dukungan paling tinggi, yakni 22,0% di susul Yasir Mahmud 21,8%.

Posisi ketiga Andi Akmal Pasluddin 13,4%, Andi Rio Idris Padjalangi 10,0% dan diposisi kelima Andi Irwandi Natsir 3,4%. Sementara, nama-nama lainnya seperti Andi Islamuddin, Andi Promal Pawi, Irwandi Burhan, Samahuddin Muharram, berada di bawah 3%.

Bahkan, simulasi baik 5 pasangan calon, 3 pasangan calon dan hanya 2 pasangan calon, A Asman Sulaiman tetap selalu menduduki posisi teratas walaupun berbeda pasangan. Seperti untuk dua pasangan calon, Andi Asman-Andi Akmal raih 33,4%, Andi Islamuddin-Andi Rio Idris Padjalangi 10,2% dan sisanya belum menentukan pilihan.

Sekadar ditambahkan, untuk Pilkada Bone 2024 ini, H Andi Asman Sulaiman yang akan maju sebagai bakal calon bupati, berencana menggandeng A Akmal Pasluddin, anggota DPR RI sebagai wakil bupati. Keduanya pun, semakin intens melakukan pertemuan, baik di Bone maupun di Jakarta. (*)
Komentar

Berita Terkini